Senin, 19 November 2012

Media yang diProyeksikan


MEDIA YANG DIPROYEKSIKAN

A.  OHT (Overhead Transparency)
1.       Pengertian
OHT (Overhead Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector). Merupakan lembaran plastik bening yang berisi informasi dan penyajiannya diproyeksikan ke layar. Media OHP terbuat dari lembaran bahan plastik bersifat tembus pandang dengan ukuran rasio panjang dan lebar 4:5. OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya berukuran 8,5 X 11 inci. Informasi dan pengetahuan yang dapat ditayangkan melalui OHP dapat berupa gambar dan teks baik berwarna maupun hitam putih. Media OHP dapat digunakan untuk menyajikan informasi dan pengetahuan untuk kelompok pemirsa berjumlah kecil dan sedang.
Contoh plastik transparansi
 Ada 3 jenis bahan yang dapat digunakan sebagai OHT, yaitu :
1.    Write on film (plastik transparansi), yaitu jenis transparansi yang dapat ditulisi atau digambari secara langsung dengan menggunakan spidol.
2.   PPC transparency film (PPC= Plain Paper Copier), yaitu jenis transparansi yang dapat diberi tulisan atau gambar dengan menggunakan mesin photocopy.
3.   Infrared transparency film, yaitu jenis transparansi yang dapat diberi tulisan atau gambar dengan menggunakan mesin thermofax.

2.      Jenis model OHP
Ada dua jenis model OHP, yaitu :
a.  OHP Tipe standar ( standar lecture head type )/ Classroom, yaitu OHP yang dirancang dan dibuat secara permanen untuk disimpan di suatu kelas atau ruangan. Biasanya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan OHP jenis portable. Pada OHP model ini lampu replektor dan kipas pendingin ditempatkan dalam  kotak bagian bawah. Hal ini yang menyebabkan bentuk dan ukurannya menjadi besar dan mengurangi kepraktisannya. Kepala proyektor adalah suatu bagian yang berisi lensa – lensa objektif dan kaca pemantul untuk mengarahkan sinar ke arah layar. Kelebihan OHP jenis ini adalah lebih tahan untuk nyala lebih lama, karena udara panas akibat nyala lampu dapat dihembuskan keluar oleh kipas anginnya.
b.    OHP Portable ( dapat dilihat dan ringan dibawa )yaitu OHP yang dirancang agar mudah dibawa kemana-mana, sehingga ukuran dan bobot beratnya lebih ringkas. Pada OHP jenis  ini, lampu proyektor dipasang menjadi satu dengan lensa. Tipe ini tidak dilengkapi dengan kipas pendingin, jadi, tidak diperlukan lagi bagian kotak besar seperti pada jenis OHP tipe standar. Oleh karena itu OHP jenis ini dapat dibawa kemana - mana. Namun, jenis OHP ini mudah panas sehingga jika terlalu lama dinyalakan lampunya mudah putus.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar